Belajar bahasa Inggris itu harus dimulai dari kecil, misalnya di usia sekolah dasar. Karena bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang harus dikuasai semua orang. Dengan menguasai bahasa ini membuat Anda bernilai lebih untuk banyak hal. Itulah sebabnya saat ini banyak anak yang masih memasuki usia sekolah dasar dituntut untuk belajar bahasa ini dengan benar.

Tujuannya adalah supaya mereka bisa menggunakannya untuk meningkatkan karir setelah beranjak dewasa. Hanya saja mempelajari bahasa Inggris di sekolah saja itu belum cukup karena jamnya terbatas. Maka dari itu dibutuhkan beberapa trik khusus supaya anak-anak lebih mudah memahami bahasa asing ini. Di bawah ini adalah 5 cara mengajar anak SD supaya bisa memahami bahasa Inggris lebih mudah, antara lain:

Biasakan Anak Belajar Bahasa Inggris secara Rutin

Membiasakan anak-anak supaya mau belajar rutin cukup sulit. Butuh kesabaran ekstra supaya mereka mau melakukannya dengan sepenuh hati. Maka dari itu jika Anda ingin mengajarkan bahasa Inggris pada anak-anak, sebaiknya biasakan untuk berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris setiap hari.

Bila perlu cobalah buat sesi belajar yang waktunya singkat tidak lebih dari 20 menit dengan metode pembelajaran yang menarik supaya mereka tidak cepat bosan. Selain itu, karena Anda juga bisa mencoba memasuki dunia anak SD, seperti mengajarkan mereka belajar bahasa Inggris lewat cerita fantasi, melihat video, bermain, dan bercerita. Sehingga mereka akan terbiasa belajar memakai bahasa Inggris.

Bagaimanapun juga anak-anak rentan sekali terhadap kebosanan saat harus belajar bahasa asing. Mereka mengira bahwa bahasa Inggris itu sulit sehingga membuat mereka tidak mau mempelajarinya. Maka dari itu ciptakan sesuatu yang unik supaya mereka mau belajar dengan sendirinya tanpa harus disuruh.

Bangun Suasana Belajar yang Menyenangkan

Karena anak-anak mudah bosan, sebaiknya gunakan metode pembelajaran yang menyenangkan. Tanyakan pada mereka topik apa yang ingin dipelajarinya. Bila mereka ingin mempelajari nama-nama binatang, cobalah untuk memanfaatkan video pembelajaran berisi nama-nama hewan. Sehingga hal ini membuat mereka tertarik dan lebih mudah belajar bahasa yang masih asing di telinganya.

Anda juga bisa menggunakan buku cerita bergambar dan berwarna cerah memakai bahasa Inggris untuk mengajarkan mereka tentang bahasa asing. Bila perlu cobalah meminta mereka membaca buku itu secara perlahan untuk melihat sejauh mana pengetahuan mereka tentang bahasa Inggris. 

Membiasakan anak-anak yang masih duduk di bangku SD untuk belajar membaca bahasa Inggris memang terasa sulit. Namun tidak ada salahnya Anda membiasakan mereka untuk belajar membaca buku dalam bahasa Inggris. Sehingga secara tidak langsung akan membuat mereka mengingat kosakata baru setiap kali membaca buku.

Manfaatkan Apa yang Ada di Sekitar untuk Belajar

Seperti yang terlihat bahwa di dalam sekolahan itu ada banyak barang yang bisa dipelajari untuk menambah kosakata bahasa Inggris anak SD. Maka dari itu cobalah memanfaatkan isi ruangan kelas dan sekolah untuk menjadi salah satu metode pembelajaran bahasa Inggris untuk mereka. Anda bisa memperkenalkan mereka tentang nama-nama barang yang ada di kelas, misalnya kursi, meja, papan tulis, boardmarker, dll.

Selain itu, Anda juga bisa membiasakan mereka supaya berlatih berbicara dalam bahasa Inggris setiap hari. Caranya ajaklah komunikasi mereka menggunakan bahasa Inggris sederhana setiap kali bertemu. Sehingga secara tidak langsung hal ini membuat mereka terbiasa menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

Gunakan Bantuan Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Dengan teknologi yang semakin maju, hal ini membuat aplikasi untuk belajar semakin banyak. Termasuk untuk mempelajari bahasa Inggris. Anda bisa menggunakan salah satu aplikasi itu untuk mengajarkan mereka bahasa Inggris supaya lebih praktis, menarik, dan menyenangkan. Untuk metode belajar yang diterapkan tidak harus selalu mengikuti aplikasinya keseluruhan.

Cobalah ambil materi pembelajaran di aplikasi itu, kemudian ajarkan materinya menggunakan metode lainnya. Meskipun hal ini cukup memakan waktu, namun itu akan membuat anak lebih mudah mempelajari bahasa Inggris. Yang pasti, pilih aplikasi yang desainnya menarik dan warnanya cerah. Sehingga anak-anak bisa lebih tertarik karena desainnya lucu dan full colour.

Berikan Reward saat Mereka Berhasil Menambah Kosa Katanya

Untuk meningkatkan motivasi anak supaya semakin giat mempelajari bahasa Inggris, sebaiknya selalu berikan reward ketika kosakata mereka bertambah. Hadiah inilah yang nantinya akan memotivasi anak-anak supaya lebih bersemangat belajar. Yang pasti, selama belajar, sebaiknya jangan terlalu terpaku pada grammar. Bila anak-anak sering melakukan kesalahan, maka fokuskan pada kemajuan mereka saja karena sudah berani mencoba berbicara dalam bahasa Inggris. Supaya minat untuk belajar bahasa Inggris tidak hilang begitu saja.

Mengajarkan anak di usia Sekolah Dasar untukmempelajari bahasa Inggrisitu tidak mudah. Anda harus lebih sabar dan rutin mengajarkan mereka berbahasa Inggris supaya anak-anak lebih mudah mengingat kosakatanya. Namun meskipun begitu sebaiknya jangan terlalu terburu-buru untuk memaksakan mereka harus cepat ingat. Cobalah untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan supaya mereka tidak bosan belajar bahasa Inggris.