Indonesia merupakan negara yang kaya. Bukan cuma kaya akan sumber daya alam, tetapi juga sosial dan budayanya. Beragam suku bangsa yang ada, termasuk suku bangsa, agama, bahasa, lagu daerah, rumah adat, dan ciri khas daerahnya masing-masing.

Sejak tahun 2000, ada 6 agama yang diakui oleh negara. Agama tersebut yaitu Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha dan Konghucu. Berikut secara rinci 6 agama dan tempat ibadahnya beserta kitab suci dan hari besarnya.

Agama Islam

Tempat ibadah agama Islam adalah Masjid. Kegiatan ibadah yang utama dilakukan di Masjid adalah shalat fardhu berjemaah. Selain shalat berjemaah, ibadah umat Islam lainnya menjadi berlipat ganda apabila dilakukan di Masjid, seperti shalat sendirian, i’tikaf, membaca Al-Qur’an, dan ibadah lainnya.

Selain menjadi tempat ibadah, Masjid juga menjadi pusat kehidupan komunitas umat Islam. Masjid berperan sebagai tempat aktivitas sosial dan kegiatan-kegiatan laiinya, seperti perayaan hari besar, kajian agama, belajar Al-Qur’an, diskusi agama dan lain-lain.

Kitab Suci Agama Islam

Kitab suci agama Islam adalah Al-Quran. Al-Qur’an mempunyai nama lain seperti; Al-Furqan, Al-Hikmah, Al-Huda, Al-Kalam dan masih ada sebutan lainnya.

Hari Besar Agama Islam

Hari besar agama Islam adalah Idul Fitri (Lebaran), Idul Adha, Tahun Baru Hijriyah, Isra’ Mi’raj, Maulid (kelahiran) Nabi Muhammad, dan Hari Asyura.

Agama Kristen Protestan

Tempat ibadah agama Kristen Protestan adalah Gereja. Ibadah utama Umat Kristen Protestan dilaksanakan pada hari Minggu di Gereja. Gereja tradisonal biasanya berbentuk salib atau mempunyai menara dengan salib pada puncak menara.

Kitab Suci Agama Kristen Protestan

Kitab suci agama Kristen Protestan adalah Al-Kitab. 

Hari Besar Agama Kristen Protestan

Hari besar agama Kristen Protestan adalah Natal, Jumat Agung, hari Paskah, kenaikan Yesus dan Pentakosta.

Agama Kristen Katolik

Tempat ibadah agama Kristen Katolik adalah Gereja. Ibadah utama Umat Kristen Katolik dilaksanakan pada hari Minggu di Gereja.

Kitab Suci Agama Kristen Katolik

Kitab suci agama Kristen Katolik adalah Al-Kitab. 

Hari Besar Agama Kristen Katolik

Hari besar agama Kristen Katolik adalah Adven, Natal, Epifani / Teofani, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci, hari Paskah, kenaikan Yesus dan Pentakosta.

Agama Hindu

Tempat ibadah agaman Hindu adalah Pura. Pura memiliki gerbang dan punya tata cara sendiri untuk memasukinya.

Kitab Suci Agama Hindu

Kitab suci agama Hindu adalah Weda. Weda bisa juga disebut Catur Weda, catur artinya 4 (Empat). Dari 4 (Empat) itu terdiri dari Rgweda, Yajurweda, Samaweda, dan Atharvaweda.

Hari Besar Agama Hindu

Hari besar agama Hindu adalah Hari Raya Nyepi, Galungan, Kuningan, Deepali, Saraswati, Siwa Ratri, Pagerwesi, Thaipusam, Tawur Kesanga, dan Ngembak Geni

Agama Buddha

Tempat ibadah agama Buddha adalah Vihara. Vihara juga bisa disebut Wihara, ada juga yang menyebutkan Kuil.

Kitab Suci Agama Buddha

Kitab suci agama Buddha adalah Tripitaka. 

Hari Besar Agama Buddha

Hari besar agama Buddha adalah Waisak, Magha Puja, Asadha, Khatina, dan Ulambana.

Agama Konghucu

Tempat ibadah agama Konghucu adalah Klenteng. Disebut juga Litang, dibeberapa daerah disebut dengan Tokong. Klenteng selain tempat ibadah juga sebagai pusat Komunitas warga Tionghoa.

Kitab Suci Agama Konghucu

Kitab Suci Agama Konghucu adalah Shishu Wujing. Shishu merupakan kitab suci yang empat terdiri dari Kitab Ajaran Besar, Kitab Tengah Sempurna, Kitab Sabda Suci, dan Kitab Meng Zi. Wujing merupakan kitab suci yang lima terdiri dari Kitab Sanjak, Kitab Hikayat, Kitab Perubahan, Kitab Kesusilaan, dan Kitab Chun Qiu.

Hari Besar Agama Konghucu

Hari besar agama Konghucu adalah Hari Raya Imlek, Cap Go Meh, Chen Beng, Peh Cun dan lain sebagainya.

Demikian tentang 6 agama dan tempat ibadahnya di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat.