Alat Penilaian Kelas untuk Siswa Sekolah Dasar – Penilaian menginformasikan guru dan orang tua tentang kemajuan anak-anak mereka di sekolah. Biasanya, tes menghasilkan data yang harus dimiliki pendidik sebagai tolok ukur kemajuan siswa mereka. Mereka adalah instrumen yang diperlukan yang digunakan di sebagian besar sekolah dasar. Penilaian diklasifikasikan menurut tujuan spesifik mereka. Banyak alat pengujian tersedia untuk membantu para guru merancang instruksi kelas dan memungkinkan siswa mereka untuk meningkatkan prestasi akademik.

Formatif

Penilaian formatif diberikan secara berkelanjutan sepanjang tahun ajaran di Siswa SD. Ini sangat membantu guru ketika membuat keputusan instruksional. Misalnya, tinjauan pekerjaan rumah selama satu minggu mengungkapkan bahwa sebagian besar kelas mengalami kesulitan memahami konsep. Guru kemudian memutuskan apakah unit perlu diajarkan kembali. Selain pekerjaan rumah, pengamatan guru, laporan dan kuis lisan atau tertulis adalah alat penilaian formatif.

Sumatif

Penilaian sumatif memberi tahu guru tentang pengetahuan anak secara keseluruhan dalam mata pelajaran tertentu. Di sekolah dasar, siswa mengikuti tes yang mengukur kemampuan mereka untuk menguasai keterampilan dan tujuan yang ditentukan untuk tingkat kelas mereka. Alat penilaian sumatif adalah tes sembilan minggu, tes akhir kursus, proyek mendalam dan tes standar. Mereka memberikan data guru yang membantu mereka menentukan kelemahan akademik siswa dan memutuskan apakah seorang anak siap untuk naik ke kelas berikutnya.

Diagnostik

Tes diagnostik menunjukkan seberapa banyak seorang siswa sudah tahu tentang keterampilan khusus, khususnya dalam membaca dan matematika. Sebagai contoh, penilaian DIBELS (Indikator Dinamis Keterampilan Melek Dini Dasar) menentukan kecakapan anak dalam penamaan surat, produksi suara awal dan tingkat membaca oral. Nilai siswa memberi tahu guru jika mereka berada di bawah atau di atas tingkat kelas. Biasanya, tes diagnostik diberikan pada awal tahun sebagai alat skrining, tetapi mereka dapat diberikan lagi selama tahun ini sebagai instrumen pemantauan kemajuan.

Apakah Alat Penilainnya:

Alat Penilaian Informal

Guru sering menggunakan metode penilaian informal di kelas dasar. Mereka mungkin digunakan untuk tujuan formatif, sumatif atau diagnostik, tetapi mereka tidak distandarisasi atau dinilai menurut skala yang telah ditentukan. Penilaian informal dapat sesederhana daftar keterampilan atau kegiatan kelompok kecil. Guru biasanya merancang atau memimpin penilaian informal, yang, ketika digunakan dengan langkah-langkah formal, memberi pendidik dan orang tua gambaran keseluruhan tentang prestasi anak.

Aplikasi dan Alat Web untuk Siswa Sekolah Dasar

Bahkan dengan siswa termuda, pembelajaran mobile dapat menjadi alat yang ampuh untuk membangun minat. Aplikasi yang menerapkan matematika atau membiarkan siswa merangkul kreativitas mereka tidak hanya menyenangkan, mereka juga mendorong siswa untuk memikirkan pembelajaran mereka dengan cara yang berbeda.

Nearpod

Ingin membuat presentasi multimedia yang dapat diikuti oleh semua siswa Anda dengan kecepatan yang sama di iPad? Coba Nearpod, aplikasi gratis (baik untuk K-12) yang memungkinkan Anda mengumpulkan tampilan interaktif dan memungkinkan siswa untuk mengirimkan umpan balik, menawarkan cara real-time untuk menilai kinerja mereka.

Martha Speaks Dog Party

Aplikasi yang dibuat oleh PBS KIDS yang dirancang untuk membantu anak-anak memperluas kosa kata mereka. Menurut sebuah studi yang disponsori oleh PBS KIDS 2010 terhadap 90 anak-anak antara usia tiga dan tujuh tahun yang bermain dengannya sekitar dua setengah jam selama dua minggu, aplikasi ini mampu memperkaya kosa kata sebanyak 31 persen.

Apa Saja Alat Penilaian Kelas untuk Siswa SD?

Gerak Matematika

Aplikasi lain dengan banyak buzz. Menurut sebuah studi 2011 oleh GameDesk, ditugaskan oleh Motion Math, game ini untuk iPad meningkatkan pemahaman fraksi pada 120 anak-anak dengan rata-rata 15 persen.

Lihat gagasan aplikasi dan alat Web untuk siswa sekolah menengah dan atas . Dan untuk lebih lanjut tentang perangkat seluler untuk belajar, unduh panduan kelas ini:

Perangkat Seluler untuk Belajar: Yang Perlu Anda Ketahui

Pelajari bagaimana ponsel, pembaca e-book, dan tablet membuat anak-anak terlibat dalam pembelajaran, fokus pada bekerja dengan lebih cerdas, dan siap untuk masa depan.

Hambatan terbesar untuk mengajar online mungkin bukan teknologinya. Para guru mencari teknologi pendidikan, pada kenyataannya, karena itu “dapat memiliki dampak positif yang cukup besar pada kinerja siswa,” menurut sebuah studi meningkatkan nilai tes dan memungkinkan guru untuk menilai prestasi siswa lebih efisien. Masalah besar adalah bagaimana mengintegrasikannya: Di luar banyaknya alat teknologi yang tersedia, para peneliti yang sama mengidentifikasi “pengembangan dan pelatihan profesional yang tidak memadai” sebagai hambatan utama untuk menggunakan teknologi secara produktif di ruang kelas.

Maklum, kemunculan coronavirus secara dramatis mempercepat proses mengintegrasikan edtech, karena pendidik di seluruh negeri berlomba untuk online secepat mungkin. Tetapi seperti yang dicatat oleh banyak guru kami, keadaan pembelajaran online K-12 saat ini lebih seperti triase – suatu bentuk manajemen krisis dan sama sekali tidak seperti pendidikan jarak jauh yang dikelola dengan terampil.

Di banyak pengaturan profesional dan di sekolah, tayangan slide menjadi begitu meresap sehingga rapat, pelatihan, atau kelas jarang berlalu tanpa kehadiran mereka. Baru-baru ini saya mengamati seorang guru membaca langsung dari slide sementara siswa melihat tanpa diskusi atau pertanyaan. Ketergantungan pada slide tidak hanya menghambat keterlibatan, tetapi juga dapat menghilangkan suara siswa dan proses berpikir kritis dari pelajaran.

Sementara melarang tayangan slide di sekolah adalah langkah drastis yang tidak perlu untuk meningkatkan keterlibatan, fokus siswa dan guru dapat mengambil manfaat dari pengurangan slide dan fokus pada bentuk instruksi lainnya. Bagaimana kita bisa mengurangi ketergantungan kita pada tayangan slide?

Sebelum siswa sejarah kelas delapan saya pindah ke pembelajaran online musim semi ini, saya tidak tahu tentang kasih sayang satu siswa untuk Cup Mie atau cara manis lain berbicara tentang kakak laki-lakinya yang berusia 5 tahun. Mungkin seharusnya aku tahu, tetapi aku tidak tahu, dan kuharap begitu.

Pembelajaran jarak jauh telah memungkinkan pandangan intim ini ke dalam kehidupan siswa dan proses berpikir, dan saya khawatir bahwa momen-momen ini tidak akan terjadi begitu kita akhirnya kembali ke kampus. Namun, saya menyadari bahwa tidak harus seperti itu jadi saya akhir-akhir ini telah memikirkan banyak cara untuk menerjemahkan aspek-aspek terbaik dari pengajaran online ke kelas fisik.

Guru yang bekerja dengan siswa dari budaya yang berbeda terutama guru berkulit putih yang bekerja dengan siswa berkulit hitam atau Latin dapat berusaha untuk tumbuh dalam kompetensi budaya mereka, kemampuan mereka untuk menghargai budaya mereka sendiri dan menjadi fasih dalam budaya siswa mereka. Salah satu cara untuk bekerja menuju tujuan itu untuk melakukan kehidupan di komunitas tempat Anda mengajar dengan melibatkan orang-orang di ruang tradisional yang bukan putih.  Demikianlah Artikel tentang Alat Penilaian Kelas untuk Siswa SD semoga bermanfaat.