Indonesia adalah negara yang memiliki banyak sumber energi. Jenisnya mulai dari minyak dan gas bumi (migas) sampai yang bukan minyak dan gas bumi (non-migas). Migas dan non-migas ini dibagi menjadi 2, energi yang tidak dapat diperbarui dan energi yang dapat diperbarui.

APA YANG DIMAKSUD SUMBER ENERGI

Sebelum kita mengetahui ap aitu sumber energi, kita bahas satu persatu. Ap aitu energi? dan apa aitu sumber?

Energi Adalah

Energi bisa juga disebut tenaga. Pengertian energi itu sendiri adalah kekuatan (daya) yang dapat digunakan dalam suatu atau berbagai proses kegiatan. Contohnya: kita bergerak perlu energi, lampu menyala juga perlu energi untuk melakukan proses gerak dan nyala tersebut.
Contoh energi; energi cahaya, energi panas, energi listrik, energi bunyi danl lain-lain. Nanti kita akan bahas dalam artikel selanjutnya yaitu tentang perubahan energi.

Sumber Energi Adalah

Sumber artinya asal sesuatu atau tempat keluar-nya sesuatu.
Maka, sumber energi adalah segala sesuatu di sekitar kita yang mampu menghasilkan energi.

SUMBER ENERGI YANG TIDAK DAPAT DIPERBARUI

Sumber energi yang tidak dapat diperbarui jika dipakai terus-menerus akan habis. Habis karena tidak bisa dimunculkan lagi atau diperbarui. Sebenarnya bisa ada lagi, tetapi membutuhkan waktu yang sangat lama, ribuan bahkan jutaan tahun lamanya.

Sekitar 80 persen energi yang kita gunakan di bumi ini merupakan energi yang dihasilkan dari bahan bakar fosil. Bahan bakar fosil berasal dari tumbuhan dan/atau hewan yang mati dan terkubur ini-lah yang akan menjadi enegi migas dan non-migas setelah mengalami proses alam selama jutaan tahun.

Berikut berbagai macam sumber energi yang tidak dapat diperbarui

Batu bara

Batu bara berasal dari endapan dan pembusukan batang tumbuhan di dalam bumi dalam waktu yang sangat lama. Batu bara mempunyai kandungan karbon yang tinggi. Sehingga batu bara diolah manusia untuk menjadi energi.

Sebagai sumber Batu bara bisa digunakan sebagai bahan bakar pembangkit listrik, dan dulunya digunakan sebagai bakar kereta api serta kapal laut.

Gas Alam

Gas Alam berasal dari pembusukan hewan dan tumbuhan di dalam tanah terkubur selama jutaan tahun.
Gas Alam mempunyai kegunaan sebagai penyedia energi. Gas alam dipakai untuk bahan bakar memasak atau bahan bakar penggerak mesin.

Minyak bumi

Minyak bumi terbentuk dari hewan atau tumbuhan yang tertimbun selama ribuan tahun. Proses yang lama itu terjadi pembusukan dan menghasilkan minyak bumi.

Minyak bumi merupakan hasil tambang dengan cara pengeboran. Minyak bumi dapat digunakan setelah proses pengolahan terlebih dahulu, atau penyulingan.

Hasil olahan minyak bumi bisa digunakan untuk bahan bakar mesin listrik, kendaraan bermotor, mesin pabrik, memasak, pelumas mobil dan lain sebagainya. Hail olahan tersebut berupa premium, pertalite, pertamax, oli, asal dan lain sebagainya.

SUMBER ENERGI YANG DAPAT DIPERBARUI

Sumber energi yang dapat diperbarui tidak akan habis meski digunakan terus-menerus. Karena dapat memperbarui dengan sendirinya dan akan selalu tersedia.

Contoh sumber energi yang dapat diperbarui;

Air

Kandungan air dalam tubuh manusia sekitar 60% atau lebih sedikit. Air sangat penting bagi tubuh manusia, salah satunya menyalurkan oksigen dalam tubuh. Kekurangan air kulit jadi kusam dan kering, tidak cantik lagi deh…

Selain bagi tubuh, geraknya air dan tempat tinggi menuju tempat yang rendah dimanfaatkan untuk membangkitkan energi listrik. Maka ada yang Namanya PLTA, Pembangkit Listrik Tenaga Air. Air dibendung ditempat tinggi sehingga air jatuh mengalir deras digunakan memutar turbin dan kemudian menghidupkan generator pembangkit listrik.

Matahari

Matahari merupakan sumber energi utama di bumi. Hampir semua energi yang berada di bumi berasal dari matahari.

Masyarakat zaman dulu sangat menyadari keutamaan energi matahari sebagai sumber utama. Menjemur pakaian, menjemur ikan, menjemur barang yang basah, penerangan di siang hari, menjemur anak yang nakal… hahahaha

Zaman sekarang, hamper semua kegiatan bisa dilakukan dengan alat. Tentunya alat menggunakan energi listrik atau mesin.

Angin

Angin, apa bedanya angin dan udara?

Ya, angin merupakan udara yang bergerak. Bergeraknya udara disebabkan karena perbedaan tekanan udara.

Angin dimanfaatkan sejak zaman sebagai sumber energi untuk menjalankan perahu menggunakan layer (kapal layar) dan juga menggerakkan kincir angin.

Gelombang Laut

Energi gelombang laut adalah energi yang dihasilkan dari pergerakan gelombang laut menuju daratan dan sebaliknya. Dengan energi ini juga bisa digunakan untuk memutar turbin listrik.

Panas Bumi

Geotermal atau panas bumi adalah energi yang berasal dari panas yang disimpan di bawah permukaan bumi.

Bahan Bakar Bio (Biomassa)

Bahan bakar Bio atau Biomassa adalah bahan bakar yang berasal dari makhluk hidup. Baik dari hewan ataupun tumbuhan.

Biomassa bisa dibagi lagi menjadi Biodesel, Biotanol, Biogas dan masih ada lagi lainnya

Biodesel

Bahan bakar Bio yang berasal dari tumbuhan contohnya bahan bakar berupa minyak yang dihasilkan dari buah jarak, kelapa sawit, kedelai, ataupun kacang tanah. Bahan bakar tersebut disebut biodesel, digunakan sebagai pengganti solar.

Bioetanol

Bioetanal bisa digunakan sebagai pengganti premium atau bensin. Bioetanol dihasilkan dari Ubi, Singkong, Sagu atau jagung.

Biogas

Biogas adalah bahan bakar gas yang berasal dari kotoran hewan. Kotoran hewan diurai dengan bantuan bakteri yang akan menghasilkan gas Metana.

Gas Metana dapat digunakan untuk bahan bakar kendaraan dan kompor gas.

SUMBER ENERGI ALTERNATIF

Dari berbagai sumber energi, baik yang tidak dapat diperbarui ataupun yang dapat diperbarui akan menghasilkan berbagai macam energi. Energi yang sekarang sering kita gunakan disebut energi konvensional, energi yang terus berkurang karena tidak dapat diperbarui dan akan habis.

Maksud alternatif adalah sebagai pilihan kedua, atau pengganti dari yang utama. Sumber energi alternatif dibutuhkan sebagai pengganti sumber konvensional.

Saatnya kita mencoba untuk beralih ke energi alternatif. Dengan demikian kita bisa menyelamatkan bumi, karena dampak penggunaan energi konvensional sangat terasa karena merusak kondisi alam di bumi.
Sumber energi alternatif bukan dari bahan bakar fosil. Sekarang coba dikembangkan memanfaatkan energi yang selalu tersedia dan tidak akan habis meskipun dipakai terus menerus. Energi tersebut berupa matahari, air, angin dan panas bumi.

Segala Energi dihasilkan dari sumbernya. Sumber energi bisa habis atau yang tidak habispun perlu proses dari yang sederhana sampai yang rumit. Untuk itu, hiduplah dengan hemat, termasuk menghemat energi. Energi apapun itu, meskipun energi yang dapat diperbarui tetap kita hemat.